Senin, 30 November 2009

Pedagogi Feminist : Masalah Koneksi dan Kemungkinan


Disadur dari : Author Patricia A. Gouthro Mount Saint Vincent University, Canada
Andre P. Grace University of Alberta, Canada

Abstrak: essay ini memeriksa putusnya hubungan antara tempat dirumah dan universitas dalam pendidikan sarjana bagi siswa wanita. Ini mengali cara-cara model posisi dari pedagogi feminist dapat digunakan untuk mengembangkan bentuk-bentuk pendidikan saraja yang inklusif dan transformative:

Pendahuluan

Bermacam-macam peneliti yang menyelidiki status dan keadaan sulit bagi siswa tamatan wanita pada pendidikan yang lebih tinggi menegaskan bahwa, meskipun beberapa peningkatan yang berkenaan dengan akses dan masalah akomodasi, kenyataan dari kajian tamatan bagi wanita masih tidak cocok dengan kenyataan dari hidup mereka( Guppy dan Davis 1995 ). Demography, watak ( sikap ,nilai, dan kepercayaan yang ada hubunganya dengan pendidikan sarjana ), dan pengharapan yang melokasikan siswa sarjana telah berubah. Profil yang berubah dari siswa sarjana harus dianggap/ dipertimbangkan bersamaan dengan fakta kehidupan akademik lainya dikanada dan amerika serikat. Sebagian besar siswa sarjana adalah wanita( guppy dan davis, 1998:johnsrud, 1995). Keadaan seperti ini menantang akademiks, siswa sarjana dan yang lainya dengan kepentingan dalam meningkatkan pendidikan dewasa akademik dan bentuk lain dari pendidikan tingkat tinggi sebagai bidang study dan praktek.

Siswa wanita terdiri dari group yang berbeda dengan identitas yang berbeda, subjetifitas, identifikasi, kemasyarakatan, lokasi budaya, sejarah dan ilmu pengetahuan. Mengenal keruwetan dari politik yang menempatkan perempuan yang berbeda secara berbeda, kita menyelidiki model posisi dari pedagogi feminist sebagai cara untuk mengetahui yang berkenaan dengan lokasi. Mereka dapat membuat kita memberi kerangka kebijaksanaan, permasalahan pedagogi dan program, dan menyusun arahan yang mungkin dalam pendidikan sarjana. Dari wawasan ini, kita memfokuskan pada pendidikan sarjana bagi pelajar wanita dalam essay ini. Kita menyediakan latar belakang untuk proyek ini dengan mendiskusikan lokasi sosial budaya yang bersejarah dari tempat rumah dan kesulitan yang dilalui siswa dikarenakan oleh jarak tradisional antara tempat tinggaldan universitas. Kemudian, kita mengambil tema dan konsep yang berlaku dalam model posisi dari pedagogi feminist untuk membantu kita memberi kerangka permasalahan dan perhatian dalam pendidikan sarjana bagi pelajar wanita.

Kita juga mengkaji model-model ini untuk membantu kita berbicara tentang arahan-arahan baru yang barangkali mampu pelajar wanita dalam pendidikan dewasa lebih tinggi untuk mendapatkan pengalaman pembelajaran transformative dan inklusif. Kita menyimpulkan dengan berbicara terhadap nilai dari model-model ini. (bersambung)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar